3 Pengusaha Yang Sukses Di Usia Lanjut, Jarang Dibahas Di GOOGLE

0
47

Jangan putus asa walaupun Anda gagal berbisnis di usia muda. Sukses dalam bisnis tidak terlihat pada waktu. Anda yang berusia di atas 50 tahun bahkan dapat mencapai kesuksesan itu. Selama Anda tidak pernah menyerah dan ingin belajar dari kegagalan yang dialami saat ini. Berikut adalah beberapa pebisnis sukses di usia tua yang dapat Anda jadikan motivasi dan inspirasi:

Harland Sanders, Cikal bakal KFC

Apakah Anda penggemar ayam goreng terutama merek KFC? Jika ya, tentu saja Anda kenal dengan Kolonel Sanders yang terpampang pada kemasan produk KFC. Harland David Sanders adalah seorang pengusaha Amerika yang menemukan KFC ketika dia tidak muda lagi. Pria kelahiran 9 September 1890 mendirikan KFC ketika usianya baru 65 tahun. Pada usia itu ia mulai membuat waralaba bisnis ayamnya. Untuk menemukan resep ayam goreng yang Anda sukai, Kolonel Sanders membutuhkan waktu 9 tahun. Pada tahun 1952 Sanders bersedia menjual propertinya untuk berkeliling dari kota ke kota. Dia menawarkan resep ayam gorengnya yang sayangnya ditolak di lebih dari 1000 restoran. Untungnya, di restoran ke-1008, ada orang-orang yang ingin bekerja dengannya. Sanders juga meninggal 16 Desember 1980 karena Leukemia dan Pneumonia, tetapi KFC masih ada sampai sekarang.

Soichiro Honda, Pioneer Honda

Merek Honda terkenal di Indonesia, terutama dalam hal pengadaan kendaraan roda dua atau motor. Ternyata pendiri Honda baru merasakan kesuksesan merek Jepang ketika ia berusia 42 tahun. Terlebih saat itu perusahaan otomotif Jepang lebih dikenal daripada Toyota. Sejak kecil, Soichiro telah terbiasa dengan perbaikan sepeda bahkan tanpa pendidikan formal. Meski begitu ia magang di sebuah garasi pada tahun 1922 selama 6 tahun. Dia juga suka balap otomotif bahkan mampu mencetak rekor pada tahun 1936. Untuk mendirikan perusahaannya sendiri tidak mudah. Selain itu, ia pernah ditolak sebagai insinyur di Toyota Motor Corporation dan menganggur beberapa waktu kemudian.

Meski begitu ia tidak pernah menyerah dan mendirikan perusahaan sepeda motor dari memanfaatkan mesin perang bekas. Walaupun sepeda motor itu sukses pada saat itu, Honda terancam bangkrut. Untungnya dia kemudian bertemu dengan Takeo Fujisawa, yang membuat perusahaan sepeda motor bangkit dari kehancuran finansial.

Ariana Huffington, Frontman dari Huffington Post

Selain para pria di atas ada juga sosok wanita yang menuai kesuksesan ketika dia terlambat. Dia adalah Ariana Huffington, direktur dan editor online di kepala The Huffington Post. Ariana sendiri sejak kecil masih berada di lingkungan jurnalistik karena ayahnya juga bekerja di dunia jurnalistik. The Huffington Post sendiri baru diluncurkan pada Mei 2005 di mana ia menulis berita dan kritik dalam bentuk blog. 2 tahun kemudian, The Huffington Post mulai dikenal banyak orang. Ia mencicipi kesuksesan koran yang ia mulai pada usia 54 tahun. Sebelum mendirikan surat kabar ini, Ariana bekerja sebagai kontributor media besar seperti Vogue, The Daily Mail to Cosmopolitan.

Untuk mencapai kesuksesan seperti sekarang Ariana rela mengurangi jam tidurnya. Dia bahkan pingsan dan melukai tulang pipinya saat mengerjakan proyek The Huffington Post. Ibu dua anak ini meskipun kehidupan rumah tangga tidak semulus karirnya tetapi dia tidak pernah menyerah. Dia selalu menekankan untuk percaya pada kemampuan diri, tidak hanya fokus pada pekerjaan dan meluangkan waktu untuk menikmati dunia untuk sementara waktu. Jangan lupa berbuat baik kepada orang-orang di sekitar Anda. Jadi setelah melihat jalur karier para pebisnis di atas, apakah Anda akan menyerah dalam mendirikan bisnis Anda saat ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here