4 Cara Mengatur Keuangan Milenial Di Era Cashless Society

0
15

4 Cara Mengatur Keuangan Milenial Di Era Cashless Society

Generasi milenial adalah generasi yang saat ini sedang dibicarakan. Generasi milenial bisa dibilang generasi pertama penikmat segala kemudahan dan berbagai kemajuan teknologi. Komputer, internet, dan semua kebutuhan digital sepenuhnya terpenuhi di era ini. Tidak heran kalau generasi milenial ini sangat melek digital. Namun, meskipun hampir semua generasi ini melek digital, tidak semua melek dalam mengelola keuangan mereka, terutama dalam menyambut era masyarakat tanpa uang tunai.

Hubungan Milenial, Zaman Digital, dan Cashless Society

Fenomena yang terjadi di kalangan milenium saat ini pada dasarnya juga didukung oleh munculnya era masyarakat tanpa uang tunai. Masyarakat cashless sendiri adalah kelompok di mana ada orang yang tidak lagi menggunakan uang tunai untuk kegiatan transaksi mereka. Namun, mereka lebih suka menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau sejenisnya. Bahkan di era digital, mereka juga sering menggunakan uang elektronik untuk melakukan transaksi.

Dengan begitu, generasi milenial ini akan lebih mudah menggunakan uang untuk melakukan transaksi. Ini tentu akan memicu munculnya boros atau hedonisme di kalangan milenium. Mereka merasa semuanya mudah dengan digitalisasi. Dengan begitu, mereka tidak akan lagi berpikir dua kali saat membelanjakan uang. Tetapi ini kemudian menjadi masalah besar bagi milenium dalam mengelola keuangan mereka. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak menyadari pentingnya mengelola keuangan untuk masa depan. Untuk alasan ini, strategi atau tip diperlukan dalam mengelola keuangan untuk milenium.

4 Tips Mengelola Keuangan untuk Milenium di Era Cashless Society

Jika Anda adalah bagian dari milenium, terutama di tengah-tengah fenomena masyarakat tanpa uang tunai, maka Anda harus mulai memperhatikan stabilitas keuangan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengelola keuangan Anda.

Kembangkan rencana keuangan terperinci

Dengan mengembangkan rencana keuangan terperinci, Anda akan memahami apa yang Anda butuhkan. Ini sangat penting untuk mengelola keuangan Anda setiap bulan. Pastikan Anda membuat daftar semua kebutuhan atau barang yang benar-benar Anda butuhkan terlebih dahulu. Fokus pada kebutuhan yang benar-benar penting, seperti kebutuhan primer dan sekunder Anda. Jika memang dirasakan bahwa keuangan Anda masih stabil, maka Anda dapat mengalokasikannya untuk kebutuhan tersier Anda. Selain itu, menetapkan skala prioritas juga akan sangat membantu dalam melihat berapa banyak uang yang Anda habiskan. Jika Anda menerapkan metode ini setiap bulan, maka kehidupan finansial Anda juga akan lebih aman.

Segera lunasi cicilan atau utang

Masyarakat cashless dapat mendukung Anda dalam menggunakan manfaat dari program angsuran. Misalnya, saat ini ada banyak program angsuran kartu kredit dengan bunga 0%. Ini tentu sangat menggoda dan masuk akal jika Anda melakukannya, tetapi Anda harus bisa konsisten dan berjanji untuk menjadi rutin ketika membayar cicilan setiap bulan. Jadi jangan sampai bunga yang nol akhirnya berubah menjadi angka hanya karena Anda sering melakukan pembayaran keterlambatan. Dengan secara teratur membayar angsuran yang Anda miliki dan segera membayarnya, Anda juga akan dapat membangun kredit positif. Dengan begitu, untuk kedepannya Anda akan difasilitasi dengan kegiatan yang berkaitan dengan kredit.

Menggunakan Aplikasi Manajemen Keuangan

Mengelola keuangan bukanlah kegiatan yang mudah dilakukan. Dalam prosesnya membutuhkan konsistensi dan niat yang cukup besar. Bahkan Anda juga harus bisa menahan setiap godaan di era digital ini. Namun, itu tidak berarti bahwa milenium yang hidup di era masyarakat tanpa uang tunai tidak dapat menggunakan uang mereka dengan bijak. Jika di era digital ini Anda dapat dengan mudah menghabiskan uang, maka Anda secara otomatis juga dapat dengan mudah mengelola keuangan Anda. Apalagi sekarang ada banyak aplikasi yang dapat Anda unduh di ponsel Anda yang dapat membantu Anda mengelola keuangan Anda.

Mulailah berinvestasi

Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari pentingnya berinvestasi sejak dini. Selain menabung, Anda juga disarankan mulai berinvestasi, meski hanya dalam skala kecil. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia di zaman sekarang ini, ada banyak pilihan investasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan berinvestasi, maka Anda telah menyiapkan masa depan Anda dan menjaga kehidupan finansial Anda aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here