Ingin Ajukan Pinjaman Online? Kenali Risikonya Terlebih Dulu

0
10

Kebutuhan yang terus meningkat membuat banyak orang ajukan pinjaman online karena dirasa lebih mudah dan praktis. Meski sudah banyak orang yang memilih pinjaman online, tapi tak sedikit pula dari kita yang merasa takut untuk melakukan pinjaman secara online. Hal ini berkaitan dengan risiko yang mungkin kita alami saat melakukan pinjaman online.

Data Pribadi yang Disalahgunakan

Data pribadi menjadi hal yang paling penting untuk dijaga agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Padahal, sebelum melakukan pinjaman online, kita diharuskan untuk mengisi formulir pendaftaran yang terdiri dari data pribadi, seperti nama, alamat, email, nomor KTP dan lain sebagainya. Formulir ini bisa kita isi secara online melalui ponsel atau laptop.

Mengekspos data pribadi sebenarnya memiliki risiko yang besar karena bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Bisa-bisa, data Anda digunakan untuk melakukan hal buruk, seperti penipuan atau untuk melakukan pinjaman ke lembaga keuangan lainnya atas nama Anda karena biasanya juga ada foto KTP yang bisa digunakan. Untuk itu, pastikan jika lembaga keuangan yang dipilih benar-benar terpercaya.

Biaya Keterlambatan Membayar

Tiap selamanya sistem keuangan kita dalam kondisi yang stabil sehingga bisa membayar cicilan dengan mudah dan tepat waktu. Ada kalanya kebutuhan kita sedang meningkat sehingga anggaran untuk cicilan digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Alhasil, cicilan kita terlambat untuk dibayarkan. Sebelum Anda ajukan pinjaman online, Anda perlu tahu, ada atau tidak biaya keterlambatan yang dikenakan?

Biasanya, lembaga pinjaman online memberikan kebijakan mengenai keterlambatan dalam membayar cicilan. Hal ini dilakukan agar orang yang meminjam dana memiliki keharusan untuk membayar tepat waktu. Hanya saja, hal ini menimbulkan risiko karena mungkin ada beberapa hal yang membuat kita terlambat dalam melakukan pembayaran cicilan. Jadi, mau tidak mau kita juga harus membayar biaya tersebut.

Kemungkinan Adanya Investasi Bodong

Melakukan pinjaman pada lembaga keuangan secara langsung mungkin memiliki risiko yang lebih kecil karena kita bisa memeriksanya secara langsung. Berbeda saat Anda ajukan pinjaman online di mana kita hanya bisa melakukan pemeriksaan secara tidak langsung melalui ponsel. Hal ini meningkatkan kemungkinan adanya investasi bodong yang Anda pilih.

Apabila Anda tidak cermat dalam memilih pinjaman dana, bisa jadi lembaga yang Anda pilih hanyalah menawarkan investasi bodong yang tentunya akan merugikan bagi Anda. Sebenarnya, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah lembaga keuangan tersebut terdaftar pada OJK atau tidak. Pastikan jika Anda hanya memilih lembaga pinjaman dana yang sudah terdaftar OJK.

Biaya Penagihan yang Harus Dibayarkan

Sebagian orang menganggap bahwa risiko penunggakan pembayaran hanya memberikan denda saja, tetapi ada biaya penagih yang terkadang dilupakan. Apabila nasabah terlambat dan memasuki waktu tenggang yang sudah diberikan, maka lembaga pinjaman online akan menugaskan penagih untuk ke rumah Anda menagih hutang yang belum dibayarkan.

Jasa penagih ini tentu harus mendapat bayaran dari lembaga pinjaman tersebut dan bayaran berasal dari biaya penagih dari Anda. Jadi, ketika Anda menunggak dalam hal pembayaran, Anda akan mendapatkan dua tambahan biaya, yaitu biaya karena tidak membayar tepat waktu dan biaya untuk penagih yang harus menghampiri Anda. Tentu, sangat merugikan, bukan?

Bunga Pinjaman yang Tinggi

Kemudahan yang diberikan oleh lembaga pinjaman online tentu tidak terjadi begitu saja. Biasanya, besaran bunga pinjaman online juga lebih besar sehingga Anda harus melakukan pembayaran dalam jumlah yang lebih besar. Itulah mengapa penting untuk memperhatikan besaran bunga yang harus dibayarkan.

Itulah tadi informasi berbagai risiko yang bisa menghampiri Anda ketika melakukan pinjaman online. Anda bisa mendapatkan pinjaman online dengan aman apabila memilih lembaga pinjaman online yang benar-benar terpercaya. Jadi, Anda bisa ajukan pinjaman online dengan aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here