Hindari Pinjaman Online Ilegal dengan 3 Cara Ini

0
18

Pinjaman online ilegal mulai merebak di tengah masyarakat dengan menawarkan fasilitas yang menggiurkan. Kebutuhan yang terus meningkat memang seringkali membuat kita terpaksa harus melakukan pinjaman dana. Dengan adanya teknologi, pinjaman pun bisa dilakukan secara online sehingga kita bisa mendapatkan pinjaman dengan cepat dan mudah. Namun, tentu risikonya juga sebanding sehingga kita harus tetap jeli.

Penawaran yang menarik terkadang membuat kita lupa untuk menelisik lebih jauh mengenai lembaga pinjaman online tersebut.

Deskripsi: Pinjaman online Ilegal memiliki banyak risiko yang tentu akan merugikan bagi kita sehingga sebisa mungkin kita harus menghindari lembaga ilegal tersebut.

Apabila Anda ini terjadi, akhirnya kita lah yang akan merugi, seperti bunga pinjaman yang terus membesar atau risiko lainnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari pinjaman online yang ilegal.

Hindari Lembaga Pinjaman yang Tidak Terdaftar OJK

Saat ini, sebenarnya kita tidak perlu takut untuk melakukan pinjaman secara online, asalkan lembaga pinjaman tersebut sudah terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa keuangan). OJK bertugas untuk melakukan pengawasan pada lembaga pinjaman online sehingga tidak ada penyelewengan tanggung jawab. Anda pun bisa memastikan bahwa lembaga yang terdaftar OJK dapat dikatakan terpercaya.

Sebelum Anda memilih lembaga pinjaman online, penting untuk memeriksa, apakah lembaga tersebut sudah terdaftar dalam OJK atau belum. Caranya dengan membuka website ojk.co.id kemudian tuliskan nama lembaga atau nomor pendaftaran yang diklaim. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui, apakah lembaga tersebut benar-benar terpercaya atau tidak.

Pinjaman online ilegal tentunya tidak akan terdaftar dalam OJK karena memang OJK menerapkan berbagai ketentuan atau kebijakan yang harus dipatuhi oleh lembaga pinjaman online. Oleh karena itu, semenarik apa pun penawaran yang diberikan, hindari lembaga pinjaman online yang tidak terdaftar. Cukup pilih, lembaga yang sudah terdaftar karena jumlahnya juga sudah banyak.

Perhatikan Lokasi dan Alamat Kantor

Lembaga pinjaman online biasanya menyertakan berbagai informasi dalam profil untuk memudahkan nasabah mengakses atau mengetahui hal-hal berkaitan dengan lembaga pinjaman tersebut, termasuk informasi mengenai lokasi dan alamat kantor. Meskipun bisa diakses secara online, pastikan bahwa lembaga tersebut memiliki kantor dengan alamat yang tetap, lengkap dan jelas.

Lihatlah, apakah pada profil tersebut tercantum alamat kantor dengan jelas atau tidak. Apabila terlihat ada informasi mengenai lokasi tersebut, jangan langsung percaya begitu saja. Anda harus melakukan pengecekan kembali untuk memastikan bahwa alamat tersebut benar-benar ada. Anda bisa menggunakan Google Map atau mendatangi langsung kantor tersebut sehingga Anda akan terhindar dari pinjaman online ilegal.

Pilih Lembaga Pinjaman Dana dengan Jeli

Selain kedua hal di atas, Anda juga harus lebih jeli dan teliti dalam memilih lembaga pinjaman online. Sekarang ini, sangat mudah menjumpai lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman online. Namun, Anda harus lebih berhati-hati dan mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih salah satu lembaga pinjaman online.

Penting untuk mengenal lembaga pinjaman online sebelum memilihnya, seperti besaran bunga yang dikenakan, tenor pembayaran, cara pelunasan, pelayanan customer service, dan fasilitas lainnya. Bandingkan antara satu pinjaman dengan pinjaman lain. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan lembaga pinjaman online yang terpercaya, terbaik dan tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Itulah tadi informasi mengenai tiga hal yang harus diperhatikan saat memilih lembaga pinjaman online agar tidak salah pilih dan akhirnya memberikan kerugian bagi kita. Anda harus lebih jeli dan hati-hati dalam memilih lembaga pinjaman dana secara online karena banyak risiko yang mungkin bisa menghampiri Anda. Dengan cara di atas, diharapkan Anda bisa terhindar dari pinjaman online ilegal yang merugikan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here